Memahami Hangeul

아무르 타임

Huruf Vokal
아 a
야 ya
와 wa
이 i
위 wi
우 u
유 yu
에 e
예 ye
웨 we
오 o
요 yo
애 ae
얘 yae
왜 wae
어 eo
여 yeo
워 weo
으 eu
의 UI

🎵🎵🎵
에 & 애
sama sama dibaca e
Bedanya
에 kayak beres
애 kayak mbek (bunyi kambing)

오 & 어
sama sama dibaca o
Bedanya
오 kayak bunyi Robot
어 kayak bunyi Ngomong

Catatan
Tanda bulat (ㅇ) pada huruf vokal adalah konsonan. Dan bisa diganti dgn konsonan lain,
Tapi konsonan akan berbeda bunyi, sesuai letak posisinya.
Misalnya
ㄱ Mirip angka tujuh nih.

  • Jika diawal (frasa) disebut (G), “G….”
  • jika diakhir frasa dan mati berubah jad (k), “….k”
  • tapi dalam kata, di frasa pertama mati. Frasa keduanya huruf vokal, berarti tetep G.
  • tapi kalau mati didepannya ada konsonan atau berada di akhir kata. dia adalah k.

Cukup rumit ya?, gak ko

Konsonan
ㅂ B… / …p
ㅃ Bb(bunyi Pp)… / …pp
ㅊ Ch… / …t
ㄷ D… / …t
ㄸ Dd(bunyi Tt)… / …tt
ㅍ F… / …p
ㄱ G… / …k
ㄲ Gg(bunyi Kk)… / …kk
ㅎ H… / …t
ㅈ J… / …t
ㅉ Jj(bunyi Ch)… / …tt
ㅋ Kh… /…kh
ㄹ R… / …L
ㅁ M… / …m
ㄴ N… / …n
ㅇ – … (Gak ada bunyinya)/ …ng
ㅅ S … / …t
ㅆ Ss … / …t
ㅌ T … / …t

Loh kok kalau diakhir frasa (kata), kebanyakan berubah jadi p, t, k..
Terus kalo frasa(kata) yg akhirnya s,d,b,g, h gmna?
Jawabannya Tambah eu aja..
Kayak qolqolah dong hahaha

Contoh qolqolah
(D) Mamad
ditulis mamadeu
(S) Remas
ditulis remaseu
(G) Bigbos
ditulis bigeuboseu
(B) Sabtu
ditulis sabeutu

Nah kalo (h) beda lagi..
Bukan di tambah eu, tapi diabaikan aja
Contoh
Ahmad
Ditulis Amadeu
Sawah
Ditulis Sawa

Dan ada yg kayak ikhfa loh
Misalnya
ㄴ(N) Ketemu ㄱ(g)
ㄱ (G) Ketemu ㄴ(n)
Dibaca Ng ya!
Contoh
Magnum dibca mangnum
atau
Hanguk dibca hangguk

Oh iya, idghom juga ada.
..dihilangkan
Misalnya
D (ㄷ) ketemu N (ㄴ)
Badnot
Dibaca bannot
B (ㅂ) ketemu M ( ㅁ)
Babmal
Dibaca Bammal

Bandung dan Bambang gimana?
Normal aja, gak termasuk idhgom kalo itu..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *